Sunday, May 22, 2011

Galaksi Kinanthi ✡




"GALAKSI KINANTHI"
sekali mencintai sudah itu mati?

satu lagi novel yang berhasil selesai gw baca. buku yang terinspirasi dari TRUE STORY ini telah diakui BEST SELLER. Novel yang ditulis oleh Tasaro GK ini cukup membuat gw penasaran. Tasaro GK yang mendapat gelar Best Writer FLP Award 2005 dan IKAPI Award 2006 & 2007. salah seorang teman yang sudah gw anggap teman dalam berbagi mengenai buku-buku yang highly recommended itu akhirnya merekomendasikan buku galaksi kinanthi ini untuk dibaca. selain dari isinya yang menurutnya bagus, gw tertarik akan covernya. covernya cukup menarik. menggambarkan seorang wanita memakai gaun merah panjang yang sedang memegang gelas wine (walau didalam cerita bukan wine yang dia minum karena dia perempuan muslim) berada diatas kapal, berdiri dan memandangi pemandangan malam kota New York NYC yang salah satu ciri khas kota tersebut yaitu Liberty statue dan yang menarik malam itu Galaksi langit-langit bumi dengan cahaya bintang dan bulan bertaburan. kalau dibuka dan dilebarkan covernya, tersambung sebuah gambar yang disampingnya sesosok pria bertubuh sedikit besar dengan jarak yang sedikit berjauhan sedang melihat pemandangan yang sama. mereka, kinanthi dan zhaxi.

menceritakan tentang seorang anak perempuan yang semakin lama tumbuh menjadi wanita cerdas dan berprinsip dengan alur hidup yang sangat complicated. kinanthi, anak perempuan yang tinggal disebuah desa dan hanya memiliki satu sahabat; ajuj. ajuj yang artinya bintang dan akan tetap menjadi bintang di hati kinanthi. anak laki-laki yang 2 tahun lebih tua dibanding kinanthi. ajuj anak seorang rois yang gemar mengadakan upacara islam dengan tambahan adat yang cukup kental tetapi menjadi hal yang tidak lazim dalam hukum islam. sedangkan kinanthi anak seorang penjudi dengan banyak hutang. sampai suatu hari setelah kelulusan SDnya diumumkan, dia ditukar dengan 5 kg beras kepada teman bapaknya yang tinggal di bandung. saat itulah, perpisahan kinanthi dan ajuj dimulai. dengan jarak yang memisahkan, waktu yang terus bergulir, ajuj terus mencari dan menunggu kinanthi kembali padanya. tidak ada yang tahu dimana kinanthi dan bagaimana kehidupan yang dia jalankan setelah hari itu.

kinanthi anak perempuan yang memiliki cerita yang tidak biasa. dimulai dari hari itu segala kejadian yang menyedihkan dimulai. mulai dari dia hampir dilecehkan teman sekolahnya di bandung dan anak laki-laki tersebut akhirnya bunuh diri dan harus kehilangan salah seorang sahabat perempuannya yang meninggal akibat dibunuh dan diperkosa sebelumnya. hingga akhirnya dia kirimkan ke Arab untuk menjadi TKW. pengalaman yang luar biasa, dipukul, diperkosa, dan segala macam bentuk kekerasan dia lalui tanpa ada satupun yang membantunya. hingga akhirnya setelah ikut salah satu keluarga Arab ke USA, dia bertemu dengan beberapa orang yang membantunya yang pada saat itu akhirnya dia memilih kabur ke masjid dari apartement tempat majikannya tinggal. dibantu oleh keluarga Arab yang baik hati dan seorang muslimah asal indonesia yang memperjuangkan kinanthi untuk hidup yang lebih baik. sampai akhirnya kinanthi menjadi seorang wanita bergelar Ph.D dan menjadi seorang penulis misterius dengan menambahkan kata "hope" dibelakang namanya. hope, harapan karena dia menyukai kata tersebut. Prof Kinanthi hope, Ph.D dan akhirnya bertemu dengan zhaxi, seorang editor ternama di New York.

Kinanthi, Ajuj, dan Zhaxi.

"kinanthi, bagiku Galaksi Cinta tidak akan pernah tiada. ketika malam tak terlalu purnama, lalu kausaksikan bintang-bintang membentuk rasi menurut keinginan-Nya, cari aku di Galaksi Cinta. aku tetap akan ada disana. Tersenyumlah.. Allah mencintaimu lebih dari yang kamu perlu." (Ajuj)

No comments: